Label

Sabtu, 22 November 2014

Kajian Hadits Palsu


Di antara kepalsuan yang tak henti-hentinya diproduksi kaum murahan adalah hadis palsu di bawah ini: 

Dari Ibnu Abbas ra., dari Nabi saw:

إذا كان يوم القيامة نادى مناد تحت العرش: هاتوا أصحاب محمد فيؤتى بأبي بكر وعمر وعثمان وعلي فيقال لأبي بكر: قف على باب الجنة فأدخل فيها من شئت، ورد من شئت. ويقال لعمر: قف على الميزان فثقل من شئت برحمة الله، وخفف من شئت. ويعطى عثمان غصن شجرة من الشجرة التي غرسها الله بيده فيقال: ذد بهذا عن الحوض من شئت. ويعطى علي حلتين فيقال له: خذهما فإني ادخرتهما لك يوم أنشأت خلق السماوات والأرض.

“Kelak di hari kiamat pengumandang pengumuman menyerukan dari bawah Arsy, ‘Kumpulkan para sahabat Muhammad, lalu didatangkan Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali. Lalu dikataakan kepada Abu Bakar, ‘Berdirlah di depan pintu surga, masukkan orang yang engkau maukan ke dalamnya, dan usirlah orang yang engkau maukan.’ Dan dikatakan kepada Umar, ‘Berdirilah di Mizan (pos penimbangan amal), beratkan timbangan orang yang engkau maukan dan ringankan yang engkau maukan.’ Utsman diberi setangkai dahan dari pohong yang ditaman sendiri oleh Allah dengan tangan-Nya, dengan tangkai ini usirlah dari telaga orang yang engkau maukan.’Ali diberi dua helai baju dan dikatakan kepadanya, ‘terimalah ini! Keduanya telah disiapkan untukmu sejak Aku pertama menciptakan langit dan bumi.’

Hadis ini telah dirawayatkan oleh Ibrahim ibn Abdullah al Mashîshi dan Ahmad ibn Hasan ibn Qasim al Kufi. Keduanya adalah pembohong besar dan pemalsu hadis kelas kakap. Adz Dzahabi menyebutkan hadis ini dalam Mîzân-nya,1/20 dan 42, dan di dalamnya terdapat penyakit berat yaitu:

 وفيه آفة القلب بعد الوضع فإن المحفوظ من لفظه كما في الرياض النضرة 1 ص 32 بعد: وخفف من شئت. ويكسى عثمان حلتين ويقال له. ألبسهما فإني خلقتهما أو ادخرتهما من حين أنشأت خلق السماوات والأرض. ويعطى علي بن أبي طالب عصى عوسج من الشجرة التي غرسها الله تعالى بيده في الجنة فيقال: ذد الناس عن الحوض. فقلبوا ما لعلي عليه السلام من ذود المنافقين عن الحوض وجعلوه لعثمان بعد ما زادوا على الحديث صدرا مفتعلا، وحديث ذود أمير المؤمنين علي عن الحوض أخرجه الحفاظ من عدة طرق عن جمع من الصحابة قد أسلفنا طرقه وتصحيح الحاكم له في الجزء الثاني ص 321.

“Dan di dalamnya terdapat penyakit pembalikan di samping pemalsuan, sebab yang direkam para perawi dari redaksi hadis ini seperti dalam ar Riyâdh an Nadhirah, 1/32 setelah: ’dan ringankan yang engkau maukan.’ Adalah dan Utsman diberi dua baju dan dikatakan kepadanya, ‘Pakailah baju ini, karena Aku telah menciptakannya (atau) Aku telah menyimpannya sejak Aku menciptakan langit dan bumi. Dan Ali ibn ABi Thalib diberi tongkat dari kayu yang pohonnya ditanam sendiri oleh Allah dengan tangan-Nya, dan Dia berkata kepadanya, ‘Halaulah dari haudh siapa saja yang engkau kehendaki.”

Mereka membalik bagian hadis yang untuk Ali yaitu mengusir kaum munafik dari haudh dan dijadikan untuk Utsman, setelah menambah bagian awalnya yang palsu. Dan hadis bahwa Ali mengusir kaum munafiq dari telaga (Rasul) telah diriwayatkan para huffâdz (pakar hadis) melalui banyak jalur dari banyak sahabat (Nabi saw). 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar