Label

Sabtu, 27 Juni 2015

Ayatullah Murtadha Muthahhari dan Islam Sebagai Pandangan Dunia


Diterangkan dalam buku ini, etika atau keadilan menjadi berperan penting untuk mengatur suatu masyarakat. Di sini, terdapat beberapa pandangan mengenai landasan etika yang dicetuskan oleh beberapa pemikir yang oleh segelintir orang menjadikannya sebagai landasan dalam bertindak, kemudian dipertanyakan dan dianalisis satu persatu sehingga terlihatlah kebohongan dari nilai ‘luhur’ yang tersembunyi dibalik topeng yang menutupi kekosongan itu. Ayatullah Murtadha Muthahhari menemukan kelemahan-kelemahan di dalamnya, kemudian mengajukan suatu pandangan etika yang berlandaskan Tauhid sebagai suatu sistem yang dapat mengatur kehidupan individu dan masyarakat yang bertanggung jawab.

Dalam buku ini, Ayatullah Murtadha Muthahhari berbicara mengenai Agama sebagai Mazhab pemikiran dalam hubungannya dengan pandangan dunia (world vision) dan membuktikan kebutuhan manusia terhadap Agama dalam berideologi. Menurutnya, ideologi haruslah lahir dari pandangan dunia yang menyeluruh terhadap manusia, masyarakat, alam dan sejarah dan pandangan dunia yang memiliki landasan kerangka pikir (teori pengetahuan; epistemologi) yang kokoh pula.

Contoh mazhab dan pandangan yang dikritiknya adalah pandangan dunia empiris (materialis) yang dilontarkan oleh orang-orang yang tidak mengakui adanya sisi non-material manusia, yang memandang alam ini hanya pada bagian tertentu dan berubah sesuai zaman yang ada, sehingga tidak dapat dijadikan sebuah ideologi dalam mengarungi kehidupan yang harmonis, untuk mencapai tujuan yang hakiki. Pada titik yang sangat positif, Ayatullah Murtadha Muthahhari memandang bahwa suatu ideologi semestinya mampu menumbuhkan kasih sayang dan keharmonisan pada kehidupan serta memiliki rasa tanggung jawab pada setiap individu, memiliki landasan yang logis dan berlaku universal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar