Label

Sabtu, 21 Maret 2015

Qassem Soleimani, Jenderal yang Santun dan Kharismatik




Majalah Newsweek menjulukinya sebagai Nemesis, dewi dalam mitologi Yunani yang menghukum orang-orang jahat, berkat keberhasilannya ‘mengalahkan ISIS’ di kawasan Irak dan Suriah.

Qassem Soleimani, Jenderal Iran yang saat ini berada di garis depan peperangan di Irak dan Suriah, mengatakan gerakan ISIS akan mendekati akhir. Yah, adalah Jenderal Qassem Suleimani yang merupakan prajurit dari negara Iran yang ikut berperang melawan ISIS.

Seperti diberitakan AFP, Kamis (12/2/2015), Jenderal Qassem Suleimani merupakan bagian dari pasukan Quds yang membantu perjuangan pasukan pro pemerintah di Irak dan Suriah. “Berdasarkan kekalahan besar yang diderita oleh Daesh dan kelompok teroris lainnya di Irak dan Suriah, kami meyakini kelompok ini akan segera berakhir,” ujar Soleimani.

Soleimani memang terlihat sering bersama dengan pasukan pro-pemerintah, termasuk bersama dengan pejuang kurdi dan milisi-milisi Syi’ah di wilayah pertempuran. Dalam beberapa waktu terakhir, ISIS tumbuh dan menguasai sebagian besar wilayah Suriah dan Irak, dan mendeklarasikan Khilafah Islam Palsu sembari terus melakukan kekejaman.

Soleimani dilaporkan mendarat di Bahhdad setelah ISIS menyerbu Mosul pada bulan Juni lalu. Pasukan Quds yang digawanginya adalah pasukan elit Iran yang bertugas melakukan kegiatan intelijen, operasi khusus dan tindakan politik yang dianggap perlu untuk melindungi Iran. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar