Label

Kamis, 16 Juli 2015

Teladan Ayatullah Borujerdi





Di dalam kompleks Haram Sayyidah Fatimah Maksumah di kota Qum (di Iran), ada banyak makam ulama, salah satunya adalah makam Ayatullah Borujerdi, guru dari Ayatullah Khomeini dan salah satu ulama yang melakukan korespondensi secara rahasia dengan Albert Einstein. Semasa hidupnya, Ayatullah Borujerdi pernah bernazar untuk berpuasa selama 1 tahun penuh jika sampai mengucapkan kata-kata yang tidak pantas waktu marah. Suatu hari beliau sedang duduk mengajar.

Ketika itu ada seorang pelajar menyanggah ucapannya dan beliau menjawabnya. Lalu tak berapa lama, pelajar itu mendebat penjelasannya di topik lain lagi dan beliau menjelaskan lagi.

Ketika pelajar itu untuk ketiga kalinya mendebat lagi, untuk sesaat Ayatullah Borujerdi marah dan dengan jengkel berkata, "Diamlah anak muda."

Sadar akan apa yang telah terjadi, seusai mengajar, Ayatullah Borujerdi memanggil pemuda itu dan di depan seluruh murid-muridnya, beliau membungkukkan badannya dan mencium tangan pemuda itu lantas memberinya jubah dan uang 500 tuman sambil berkata, "Maafkan kesalahan Borujerdi! Saya tidak mengerti bagaimana kendali jiwa ini bisa tergelincir lepas dari tangan saya dan kenapa saya minta kamu diam di depan semua orang.."

Keesokan harinya, Ayatullah Borujerdi mulai berpuasa, hanya untuk satu kata kasar yang terucap, itu pun bukan kata-kata fitnah atau pun ucapan dusta. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar