Label

Selasa, 24 Desember 2013

Festival Kuliner dan Cinderamata Banten




Memperkenalkan Banten Lewat Jajanan dan Ragam Produk

Ragam pesona potensi pariwisata Banten merupakan potensi sosial ekonomi daerah ketika dikembangkan dan dikreasikan dalam wujud pembangunan aktivitas kepariwisataan. Termasuk dalam hal ini adalah potensi dan keberadaan kerajinan kreatif dan jajanan ala masyarakat Banten, mulai dari kuliner hingga cinderamata khas Banten yang dapat dijadikan sebagai kenang-kenangan bagi para wisatawan atau para turis yang berkunjung ke Banten saat mereka kembali ke rumah atau ke tempat asal mereka. Kita tahu, ada banyak sekali kuliner khas Banten yang sudah populer atau pun yang belum. Sebutlah, contohnya, Sate Bandeng Banten, Pecak Bandeng Banten, atau jajanan panganan Nasi Sumsum yang telah dikenal para wisatawan domestik dan mancanegara itu. Belum lagi kuliner semisal Rabeg Wedus yang merupakan kuliner warisan para Sultan Banten, dan yang kini sudah bisa dinikmati masyarakat umum. Selain itu, Banten juga memiliki aneka ragam jajanan panganan khas Sunda Banten yang akan semakin menambah khazanah kekhasan kuliner dan cinderamata Banten.

Oleh Sulaiman Djaya (Pemerhati Budaya)

Festival ini mengambil tema “Gebyar Festival Kuliner dan Cinderamata Oleh-oleh Khas Banten”. Seperti terlihat jelas dari temanya, festival ini digelar untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan secara massif aneka kuliner dan produk-produk kerajian khas Banten, baik yang dibuat dan dikreasikan oleh masyarakat atau pun yang diproduksi oleh industri berskala kecil atau yang berskala menengah di Banten.

Secara teknis, pelaksanaan pembangunan di bidang budaya dan pariwisata Banten dilaksanakan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Banten sebagai dinas yang berwenang dan memiliki tugas dalam bidang ini, sejalan dengan visi pembangunan bidang budaya dan pariwisata tahun anggaran 2007-2012, yang salah satu misinya mengembangkan sumber daya kebudayaan dan pariwisata yang berdaya guna. Hal ini tercermin dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Provinsi Banten Prioritas pengembangan ekonomi lokal berbasis pertanian tanaman pangan, perkebunan, kelautan, peternakan, perikanan, dan pariwisata.

Persis karena itulah, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Banten menyelenggarakan Festival Cinderamata dan Oleh-Oleh Khas Banten pada 24 Oktober 2012 yang menyedot ribuan pengunjung, baik dari luar Banten maupun dari masyarakat Banten sendiri. Sedangkan tujuan digelarnya festival ini tak lain demi memfasilitasi pelaku usaha jasa pariwisata, khususnya yang bergerak di bidang usaha cinderamata dan oleh-oleh khas Banten dari 8 Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten dalam memasyarakatkan produknya. Menjalin kerjasama (networking) antara para pelaku usaha cinderamata dan oleh-oleh khas Banten se-Provinsi Banten dalam upaya mempersiapkan produk yang kompetitif dan layak jual (marketable). Dan terakhir, merangsang dan memotivasi peran serta masyarakat, khususnya pelaku usaha cinderamata dan oleh-oleh khas Banten untuk mengembangkan ragam produk mereka.

Festival Cinderamata dan Oleh-Oleh Khas Banten yang menyedot ribuan pengunjung ini dilaksanakan dengan swakelola (oleh Panitia Pelaksana Kegiatan) dan kontraktual berdasarkan SPK nomor 556/871-Par/X/2012, tanggal 22 Oktober 2012 (oleh CV. Palima Nusantara) ini dibuka oleh Gubernur Banten yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Banten Bapak Turmudji, yang kemudian dilanjutkan dengan rangkaian acara Peragaan produk-produk unggulan dari masing-masing kabupaten/kota; Mendisplay (menyusun) produk-produk unggulan secantik mungkin; Demo (Sponsor); Pemberian doorprize untuk pelaku usaha cinderamata dan oleh-oleh khas Banten, masing–masing kabupaten/kota (Sponsor), Mc Non Artis selama kegiatan berjalan; Hiburan Tim Kesenian (Sponsor); dan menampilkan event acara lain yang berkaitan dengan tema kegiatan ini (Sponsor).

Dengan ajang Festival Cindermata dan Oleh-oleh Khas Banten 2012 yang mengambil tema “Gebyar Festival Kuliner dan Cinderamata Oleh-oleh Khas Banten” inilah Banten dapat memperkenalkan produk cinderamata dan oleh-oleh khas Banten yang berdampak meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat, khususnya pelaku usaha cinderamata dan oleh-oleh di Provinsi Banten. Singkatnya, digelarnya festival ini demi mensinergikan potensi kreativitas masyarakat, semisal jajanan kuliner khas Banten, kerajinan masyarakat, baik yang perorangan maupun yang berskala industri, dan wisata Banten itu sendiri yang dapat memberikan dampak kesejahteraan masyarakat di satu sisi, dan meningkatkan pendapatan daerah Banten di sisi lainnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar